Thursday, April 16, 2015

Kuil Itu Bernama Pagoda Vihara Puri Tri Agung

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , , , , , 1 comment

Liburan di Bangka Belitung sekarang tidak hanya identik dengan liburan ala-ala pantai. Bangka Belitung memang terkenal dengan beribu pantai yang sangat cantik dan masih bersih, namun siapa sangka banyak sekali wisata kuil yang ada di provinsi yang beribukota di Pangkalpinang ini.

Gambar Pagoda Vihara Puri Tri Agung dari samping.

Kuil yang terdapat Patung besar Dewi Kwan Im itu bernama Pagoda Vihara Puri Tri Agung. Puri ini berada di Kabuaten Sungailiat, Bangka Belitung. Puri Tri Agung ini oleh masyarakat sekitar sering juga disebut dengan kuil shaolin, karena memang bangunannnya yang mirip kuil shaolin. Puri yang konon membutuhkan waktu pembangunan selama 12 tahun ini berdiri dengan bangunan kokoh dan megah, bertempat di atas sebuah pantai. Pantai yang dimaksud adalah Pantai Tikus atau Pantai Nirwana. Tak heran, dari puri ini kita bisa melihat keindahan Pantai Tikus yang tepat berada di bawah puri. Selain Pantai Tikus, puri ini berada di sebelah selatan Resort Pantai Tanjung Pesona. Jadi, kalau kalian akan merencanakan mengunjungi Tanjung Pesona, bisa  terlebih dahulu melewati Puri ini dan singgah menikmati pemandangan puri yang menyatu dengan pantai.

Patung Dewi Kwan Im di samping Puri.

Puri ini baru diresmikan pada Januari 2015 kemarin. Puri Tri Agung sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terlebih di akhir pekan. Para Wisatawan itupun datang dari berbagai daerah, bukan hanya orang asli Bangka.  Puri yang digunakan untuk tempat beribadah ini juga digunakan untuk tempat acara perayaan seperti perayaan Cap Gomeh yang luar biasa ramai.

Pemandangan depan puri yang merupakan Pantai Tikus atau Pantai Nirwana.

1 comment:

  1. Ngak sopan pagar di naikin,di jaga donk kenersihanya...pagar temboknya jadi kotor di ijak

    ReplyDelete