Sunday, April 19, 2015

Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Wisata Klenteng Yang Bersejarah

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , , , No comments

Pintu masuk dekat loket Sam Poo Kong.
Mungkin ini adalah cerita lama, karena sudah tahun 2011 aku mengunjungi tempat ini. Karena sedang berbicara tentang kuil, aku jadi teringat tentang sebuah kuil atau sering disebut klenteng di provinsi tempat tinggalku. Namanya Klenteng Sam Poo Kong. Letaknya ditengah kota Semarang, sebuah ibukota provinsi Jawa Tengah. Lebih tepatnya berada di Jalan Simongan Raya, Semarang.

Aku dulu sering ke Semarang, entah itu hanya mengunjungi teman dekatku yang kebetulan melakukan studi di Semarang, atau pernah juga sempat mendaftar diri bekerja di Semarang seusasi kelulusanku di Perguruan Tinggi. Dulu aku sangat penasaran dengan klenteng ini, karena mendengar dan pernah melihat foto temen tentang kemegahan bangunannya. Di tahun 2011, barulah aku merealisasikan untuk mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong ini.

Setelah kita masuk melewati pintu gerbang, kita akan melihat sebuah batu yang bertuliskan dengan huruf china. Itulah di bawahnya terdapat bangunan bawah tanah, maka bangunan ini juga terkenal dengan sebutan Goa Batu oleh orang sekitar.




Di dalam area klenteng di dominasi warna merah yang bernuansa china, tidak lupa dihiasi banyak lampion yang digantung di pohon beringin besar.

Terlepas dari berbagai sejarah yang tertuang di dalamnya, klenteng ini sekarang digunakan untuk tempat sembahyang. Di dalam area klenteng ini sangat sangat luas. Selain bangunan utama berupa Goa Batu, klenteng ini juga terdiri dari satu bangunan yang besar dan dua bangunan yang lebih kecil lain untuk sembahyang.



Bangunan salah satu klenteng yang sedang kena renovasi saat aku berkunjung ke sana.

Di tengah area halaman terdapat patung besar. Diduga patung ini adalah patung Sam Po Tay Djien.


Lalu foto-foto lain di sekitar area klenteng bisa dilihat sebagai berikut:




0 comments:

Post a Comment