Sunday, September 13, 2015

Snorkling Pantai Tanjung Klayang Bangka

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , , , , No comments

Bangka memang identik dengan berbagai pantainya yang cantik. Namun, masih minim olahraga air seperti misalnya snorkling. Dengan snorkling, kita bisa lebih melihat keindahan bawah laut dan menikmati pantai seutuhnya.


Pantai Tanjung Klayang

Aku suka banget sama snorkling, oleh karenanya aku sangat senang ketika mendapat kabar dari temenku bahwa di pantai dekat Pantai Matras bisa untuk snorkling. Pantai Tanjung Klayang namanya. Pantai ini ada di deretan Pantai Matras, tepatnya sebelum Pantai Matras, Bangka.






Bersama teman-teman kos dua putra
Namun, sepertinya tidak setiap hari snorkling ini dibuka untuk umum, karena ternyata snorkling ini masih liar alias penyewa alat-alat snorkling-nya hanya mahasiswa kampus. Untuk itu fasilitas yang didapat juga sangat minim. Sewa alat snorkling tarifnya 50ribu hanya mendapatkan snorkle dan masker. Tidak termasuk pelampung dan kaki katak untuk berenang. Oleh karena itu, bagi kalian yang tidak bisa berenang sangat tidak dianjurkan untuk ikutan snorkling di tempat ini. Terlebih kita dari tepian menuju tengah laut tidak dibawa dengan kapal, melainkan berenang sendiri dari tepi pantai. Di tengah lautpun kondisinya agak berbahaya, kita hanya berpijak pada karang yang agak tinggi di dalam air. Karangnya agak tajam, alhasil kaki terasa sakit menginjak karang. Dan ombak kala itu lumayan besar, membawa badan terombang-ambing seperti mau jatuh. Tapi lumayan asiklah untuk pengalaman, tersedia juga foto underwater gratis dari petugas. Tapi karena pengambilan foto terburu-buru, aku sudah ga kuat lama-lama di dalam air akhirnya seadanya saja mengambilnya, not good, ah!


Terumbu Karang di dalam laut, diambil oleh temenku, bagus kan!

Berada di Kabupaten Bangka, pantai ini mudah dijangkau. Akses masuk gratis, namun ya dengan minim fasilitas misalnya tempat mandi atau ganti baju. Nah susahnya itu, kalau udah basah-basahan, gimana bilasnya nih? Kalau mau yang mandi beneran sih harus naik mobil dulu ke Pantai Matras yang ada kamar mandinya. Namun, kalau tidak ingin terlalu jauh, di jalan masuk Pantai Tanjung Klayang ini tersedia berupa sungai kecil (sendang) untuk mandi. Sendang ini sangat sederhana, yang tidak dipagari rapat hanya berpagarkan pepohonan, letaknya agak menjorok kedalam seperti gua, namun airnya sangat segar ketika dibasuhan ke badan.

0 comments:

Post a Comment