Thursday, September 10, 2015

Transportasi Umum di Singapura, Peta MRT Singapura

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , , , , , 2 comments

Kalau kita liburan di Negara ini, mau gimana sih kita disana? Mmm, terlebih kalau kita ga pake tour travel, melainkan jalan sendiri. Jangan khawatir, karena sejatinya Singapura adalah Negara yang sangat tertata dan aman. Selain negara ini kecil dan berupa kota semua, hampir dari segala penjuru tempat telah dilalui oleh transportasi ini, yaitu MRT dan LRT. Mass Rapid Transit atau orang lebih kenal dengan MRT menghubungkan hampir semua wilayah utama Singapura, sedangkan LRT untuk menghubungkan wilayah cakupan lokal seperti perumahan. MRT adalah kereta api bawah tanah, makanya stasiunnya pun kebanyakan ga keliatan dari atas. Namun di sekitar stasiun pasti ada petunjuk arah/papan gambar yang menunjukkan kalau di wilayah tersebut ada stasiun kereta. Dijamin deh, naik sekali bakal ketagihan karena keretanya enak, nyaman, bersih, dan cepat tanpa hambatan.

Di setiap stasiun terdapat papan peta petunjuk arah, kalau kalian belum hafal rute kereta atau lupa membawa peta sendiri, bisa melihat di papan ini. Di setiap stasiun juga terdapat General Ticketing Machine (GTM) untuk pembelian tiket, petugas informasi penumpang (passanger service), dan papan informasi. Singapura adalah Negara yang bersih dan penduduknya menjunjung tinggi nilai kedisiplinan, oleh karenanya inilah beberapa larangan di sekitar stasiun MRT, jangan coba-coba di langgar kalau tidak ingin dikenai denda, lebih baik kita taati saja karena sebagai orang pendatang, hehe:
1. Dilarang merokok
2. Dilarang makan dan minum di MRT
3. Dilarang membawa bahan-bahan mudah terbakar seperti bensin, minyak tanah
4. Dilarang membawa durian
5. Dilarang memuang sampah sembarangan
6. Dilarang meludah di stasiun
Dan juga ini tips, kalau menggunakan eskalator sebaiknya menggunakan lajur sebelah kiri. Karena orang Singapura terkenal disiplin dan pekerja keras, seringkali lajur kanan eskalator digunakan mereka yang tetap jalan walaupun menggunakn eskalator. 

Selanjutnya, ada beberapa macam kartu untuk dapat naik kereta:
1. Tiket standar
Tiket ini bisa dibeli di mesin GTM, tiket sekali beli untuk sekali jalan. Cara mendapatkan tiket ini sangat mudah, lihat di layar petunjuk GTM. Pilihlah "Buy Standard Ticket" dengan cara menyentuhnya di layar, selanjutnya pilih stasiun stasiun tujuan. Mesin akan menghitung ongkos tiket anda. Lalu masukkan uang sebesar yag diminta oleh mesin pada slot uang kertas atau koin. Jika anda memberikan uang yang lebih, mesin akan otomatis memberikan pengembalian.

2. EZ link dan Singapore Tourist Pass
Ini alternatif tiket lain, kalau kalian berencana lama di Singapura dan berencana menggunakan MRT sebagai transportasi sehari-hari, kartu EZ link dan Singapore Tourist Pass menjadi pilihan. Dengan membeli kartu ini sekali EZ link (S$ 12) dan Singapore Tourist Pass (S$ 8/hari). Kartu EZ link membeli kartu sebesar S$ 12 namun yang bisa dipakai hanya S$5, selanjutnya bisa menambah deposit dengan me-top up tiket. Penggunaannya sangat gampang, saat kalian akan masuk ke peron kereta, akan ada pembatasan masuk. Tinggal tempelkan tiket, lalu pintu batas akan terbuka. Masuklah dan tunggu keretanya datang. Pengurangan deposit akan dilakukan saat keluar dari peron stasiun tujuan, setelah turun dari kereta carilah pintu batas seperti yang tadi. Tempelkan tiket lalu pintu batas peron akan terbuka dan deposit tiket kita akan otomatis berkurang.
Peta MRT Singapura (klik untuk zoom)
Selanjutnya dapat dilihat dalam peta, MRT mempunyai empat jalur.
1. Jalur warna merah merupakan jalur North South Line (NS) yang menghubungkan Jurong East sampai Marina Bay.
2. Jalur warna hijau merupakan jalur East West Line (EW) yang menghubungkan Pasir Ris sampai Joo Koon. Changi Airport juga menggunakan jalur ini namun hanya sampai di perpotongan Tanah Merah.
3. Jalur warna merah merupakan jalur North East Line (NE) yang menghubungkan Punggol sampai HarbourFront.
4. Jalur warna kuning merupakan jalur Circle Line (CL) yang menghubungkan HarbourFront sampai Bras Basah.

Cara membaca peta MRT sangat mudah, misalnya kalian dari stasiun Potong Pasir ingin menuju ke stasiun Little India, karena stasiun ini berada pada satu jalur ungu maka cukup menggunakan satu MRT saja dengan jalur warna ungu  jalur North South Line (NS). Namun, akan menjadi agak membingungkan ketika stasiun asal dan tujuan kita tidak berada dalam satu jalur warna. Misalkan kita dari stasiun Potong Pasir menuju stasiun Joo Koon. Karena dua stasiun ini tidak berada dalam satu jalur warna, maka kita cari perpotongan stasiunnya yang ditandai dengan bulatan berwarna putih yang saling terhubung. Dari Potong Pasair kita naik MRT jalur warna ungu NE, sampai stasiun Outram Park turun dari MRT lalu jalan menuju stasiun Outram Park yang berada dalam jalur hijau EW. Selanjutnya tunggu MRT datang naiklah menuju stasiun Joo koon. Cukup gampang kan? Jangan khawatir juga saat di dalam MRT kita akan kelewatan stasiun tujuan kita walaupun tidak mengetahui rutenya, karena di atas pintu MRT disediakan papan peta untuk mengecek rute, sedang di stasiun mana MRT berhenti akan ditandai dengan lampu kedip-kedip berwarna merah. Dan di beberapa MRT juga kalau kereta sudah dekat dengan stasiun biasanya ada suara dari operator yang menyebutkan nama stasiun saat itu.

2 comments: