Sunday, December 28, 2014

Outbond dan Spot Foto Ciamik di Kalibiru

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , , , , , No comments

Ini tentang spot foto yang lumayan menggemparkan media sosial beberapa saat ini. Pertama aku lihat amazing banget tempatnya pasti jauh. Soalnya aku belum pernah lihat dan denger tentang tempat seperti itu di daerah sini. Dan ternyata usut punya usut tempat tersebut tidak jauh dari tempat tinggalku, yaitu masih di kawasan Yogyakarta. Namanya Wisata Kalibiru, yang terletak di:

Dusun   : Kalibiru
Desa     : Hargowilis
Kec       : Kokap
Kab       : Kulon Progo

Wisata Kalibiru ini berada di atas Wisata Waduk Sermo. Wisata ini memang masih baru, terbukti dengan jalanan yang masih kecil dan belum begitu teratur. Untuk menuju tempat wisata ini, harap siapkan kendaraan yang prima. Kalau saran sih yang manual dan bukan yang matic. Soalnya track untuk sampai pada tempat ini begitu menanjak dan berkelok-kelok. Sampai pada jalan yang udah dekat dengan tempat wisata, kami di stop oleh petugas tempat wisata. Kurang lebih ditanya apakah pernah kesini sebelumnya atau belum. Nah kalau belum, petugas akan memberikan sedikit penjelasan tentang jalan menuju atas. Yaitu, kalau ada mobil yang akan naik, petugas akan menginformasikan kepada petugas lain yang jaga di atas agar kendaraan yang akan turun di stop dulu karena jalanan terlalu kecil untuk saling berpapasan antar mobil. Lalu petugas memberitahukan AC mobil dalam keadaan mati dan gigi ada pada 1 agar kuat mendaki jalanan yang sangat menanjak itu. Mendengar instruksi petugas seperti itu aku langsung berguman kok ngeri banget ya, apakah sebegitu seremnya sampai harus ekstra hati-hati dalam berkendara? Dan ternyata setelah dilewati memang jalanannya sangat menanjak dan tikungan sangat tajam, ini yang membuat sedikit serem, tapi asal hati-hati dan fokus tidak menjadi masalah.

Lalu untuk menju tempat wisata ini sangat mudah karena sudah banyak arahan petunjuk di jalan, bisa dengan keyword Waduk Sermo yang merupakan tempat wisata yang lebih familiar atau lewat Wates karena wisata ini ada di kabupaten Kulon Progo.
Dari Jogja: Ringroad Jombor bisa langsung ke arah Barat menuju Wates/Kulon Progo.
Dari Magelang/Borobudur: melewati Kali Bawang-Pringasih-Clereng-Kalibiru.

Ada apa disana?
Wah indah banget kan viewnya? Nah ini nih spot foto yang rame diperbincangkan, sampai ada yang menyebut spot foto galau, hehe, kalau dipikir iya juga sih soalnya kalau foto pasti sendirian di atas pohon pinus itu. Itulah kurang lebih yang akan anda dapatkan, pemandangan alam yang luar biasa segernya karena dipenuhi oleh jutaan pohon-pohon di bawah sana. Pemandangan waduk sermo pun jadi suguhan. Lalu yang doyan outbond bisa menjajal beberapa permainan yang memang sudah disediakan, wahana outbond ini ada di atas pohon pinus yang saling mengait satu sama lain.

Sangat disayangkan saat aku kesana, pas banget hujan turun disertai angin kencang jadi jangankan bisa outbond, spot foto pun ditutup ga diperbolehkan naik ke atas pohon itu padahal pengen banget pasti seru. Jadinya foto ala kadarnya aja deh.



Untuk masuk ke Wisata Kalibiru sangat ekonomis, tiket per orang hanya Rp 3.000,- saja lalu untuk parkir mobil Rp 5.000,- dan motor Rp 2.000,-. Selanjutnya yang lapar bisa juga bisa membeli aneka hidangan yang dijual di warung-warung di sepanjang jalan, harganya pun masih wajar untuk nasi goreng Rp 8.000,- popmie Rp 6.000,- teh anget Rp 1.500,-.

Lalu yang pengen lebih menikmati Wisata Kalibiru, disini juga disediakan homeystay untuk menginap yang sangat tradisional bangunannya semua dari kayu ya mirip rumah Joglo, namun hanya berisi kamar aja. Homestay ini ada beberapa di sepanjang jalan masuk Wisata Kalibiru.



Dan ini lihatlah berbonus kenarsisanku akibat ga bisa foto di spot di atas pohon pinus, hahaaaa.



0 comments:

Post a Comment