Sunday, December 28, 2014

BBG (Bangka Botanical Garden)

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , , No comments

Cerita selanjutnya masih di Pulau Bangka Belitung yang terkenal dengan wisata pantainya. Tapi kalau udah lama di sini wisata ke pantai-pantai aja kan bosen juga ya, nah ada wisata alam yang tak kalah serunya nih yaitu Bangka Botanical Garden atau BBG.

Jalan memasuki kompleks BBG.
Bagi yang suka dengan alam dan tanaman-tanaman cocok banget datang ke tempat ini. Hampir semua lahan di BBG dipenuhi dengan tanaman karena tempat ini memang relokasi untuk tempat pengolahan tanaman. Lokasi tempat ini dekat banget dengan Pantai Pasir Padi, yaitu di Kota Pangkalpinang.

Di BBG ini juga terdapat taman dan rumah pohon yang bisa digunakan untuk bersantai-santai yang asik. Dan masuk ke tempat Wisata BBG ini gratis alias ga dipungut biaya. Karena lahan BBG ini sangat luas kurang lebih 200 hektar, maka pengunjung boleh menggunakan kendaraannya masuk ke kawasan lahan dan berkeliling-keliling hanya dengan meninggalkan KTP di petugas jaga di pos masuk. Kan gempor juga kan kalau harus jalan kaki keliling lahan segede itu, hehe.

Di BBG ini selain dipenuhi dengan berbagai jenis tanaman yang sengaja dibudidayakan, banyak juga hasil sayur dan buah-buahan yang dijual langsung di gubuk kecil di dalam lokasi. Nah waktu itu aku sempet beli jagung muda sekilo Rp 12.000,- lalu semangka satu biji gede Rp 15.000,-.
Peternakan Sapi Daging dan Sapi Perah.
Yang menarik disini selain banyak aneka tanaman, sayur, dan buah, tempat ini juga dijadikan tempat ternak sapi perah, Asik banget kan, setelah hijau pemandangan tanaman disuguhkan lalu bisa melihat banyak hewan dalam kandang. Sapi perah ini memang sengaja di ternak untuk dibuat susu murni yang dijual juga di depan kompleks BBG. Susu murni yang dijual sudah dicampur dengan berbagai rasa jadi dijamin ga enek, rasa yang ada antara lain vanila, strawberry, coklat, dan melon, hanya dengan sekitar 5 ribu perak, waw nyumi kan?
Susu murni strawberry.
Sebagai lahan relokasi tanaman yang sebenarnya, ternyata BBG ini merupakan lahan pengembangan ekonomi masyarakat sekitar lo. Seperti yang sudah disebutkan di atas lahan ini digunakan untuk ternak sapi perah maupun sapi potong, budi daya ikan, budi daya berbagai jenis tanaman palawija, dsb. Lalu untuk memanfaatkan limbah misalnya kotoran sapi bisa dibuat menjadi pupuk tanaman.

Oke sekian ceritaku dari BBG, selamat berkunjung.

0 comments:

Post a Comment