Sunday, August 10, 2014

Tempat Wisata Gratis di Singapura yang Wajib Dikunjungi (Day 1)

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , , , , 7 comments

Sekitar satu bulan yang lalu aku mengunjungi negara ini. Singapura, negara modern dan bersih yang terlintas di pikiranku ketika aku menjejakkan kaki di sana. Tatanan kotanya sangat rapi dan bersih membuatku sangat nyaman berlama-lama berada di sana.

Perjalananku di sana sangat menyenangkan, totally i was enjoying my trip! Berjalan kaki menyusuri jalanan kota, baik cuaca dan kondisi di sana sangat mendukung. Meskipun kota, namun di sekeliling banyak pepohonan rindang yang menghiasi jalan. Berbagai gedung bertingkat tak membuat sesak lahan kota, namun perpaduan antara bangunan modern, jalan lapang yang tertata, pepohonan asri yang terawat, almost perfect!

Kiranya tiga hari berada di sana sangatlah kurang untuk menikmati seisi Singapura. Mau berhari-hari pun masih tetap kurang, hehe. Selama di sana aku habiskan untuk berjalan-jalan ke berbagai tempat wisata. Kiranya inilah berbagai tempat wisata yang aku kunjungi dalam dua hari perjalananku di sana.

1.   Merlion Park
Merlion adalah sebuah patung dengan kepala singa dan berbadan ikan yang menjadi maskot Singapura, oleh karenanya ga afdol kalau udah di Singapura ga mengunjungi tempat ini. Di Merlion park ini masuknya gratis tidak dipungut biaya, karena merupakan taman kota dan selalu buka 24 jam. Di sini kita bisa berfoto-foto sepuasnya, baik di sekitar patung Merlion itu sendiri atau di sekitar sungai yang mengelilinginya. Untuk mengambil view foto lebih bagus kalau malam hari, akan terlihat megah dengan perpaduan gelapnya malam dan lampu yang megah. Karena waktu yang tidak memungkinkan, aku mengunjunginya pada pagi hari sebagai start perjalananku di sana, namun begitu foto pemandangan yang di dapat tak kalah bagus. Stasiun MRT terdekat adalah stasiun Raffless Place.







2.   Esplanade
Esplanade berletak di dekat Merlion Park, dari patung Merlion udah keliatan bangunannya. Esplanade adalah sebuah pusat seni dan merupakan salah satu pusat seni yang paling aktif dan sibuk di dunia. Esplanade ini merupakan sebuah gedung besar untuk berbagai keperluan. Gedungnya besar dan bentuknya unik karena atapnya mirip buah durian. Esplanade sering digunakan untuk berbagai kepentingan, misalnya konser, teater dalam ruangan, teater luar ruangan, perpustakaan, ruangan pameran lukisan, hingga food court dan lain-lain. Masuk ke tempat ini gratis kecuali sedang ada acara yang diharuskan membeli tiket. Stasiun MRT terdekat adalah stasiun Esplanade.





3.   Marina Bay Sands
Marina Bay Sands adalah sebuah pusat hiburan dan resort. Bangunan ini juga sangat unik dan langka di dunia dengan 3 gedung utama yang dihubungkan dengan bangunan di atasnya yang berbentuk kapal. Marina Bay Sands ini juga sering disebut bangunan 3 tower. Bangunan ini memilik ribuan kamar hotel, restoran, kasino, mall, club malam, dll. Di sisi bangunan ini dari atas sampai bawah di penuhi dengan asri bunga-bungaan. Selain itu di bangunan berbentuk perahu yang ada di atas gedung terdapat kolam renang yang merupakan kolam renang terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 150 meter dan berada di ketinggian 200 meter. Dengan ketinggian tersebut, kamu bisa melihat kota Singapura, Indonesia, dan Malaysia dari atas. Sangat menarik bukan? Sayangnya untuk bisa melihat keindahan itu anda harus merogoh kocek sekitar 250.000 rupiah untuk bisa naik ke kapal bangunan Marina Bay Sands tersebut. Untuk bisa sampai ke tempat ini bisa berjalan kaki dari Esplanade. Stasiun MRT terdekat adalah stasiun Marina Bay atau Promenade.


4.   Art Science Museum
Art Sience Museum ada sebuah museum yang berlokasi di samping Marina Bay Sands. Bentuk bangunan ini juga unik meyerupai bunga teratai. Konon, fungsi dari bentuk bunga teratai ini untuk mengumpulkan air hujan yang menyalurkannya dalam bentuk air terjun. Art Science Museum dalah tempat pameran seni kelas dunia.


5.   Singapore Flyer
Singapore Flyer merupakan bianglala dengan ukuran yang sangat besar, bahkan merupakan yang terbesar di dunia. Memiliki 28 kabin dengan kapasitas 10-15 orang. Sekali putaran Singapore Flyer ini memerlukan waktu sekitar 30 menit. Untuk menaiki bianglala ini harus merogoh kocek 300.000 rupiah. Namun sepadan dengan harganya, dari ketinggian tesebut kamu bisa melihat kota Singapura seutuhnya, malah bisa sampai melihat Indonesia juga. Stasiun MRT terdekat adalah Promenade.


6.   Gardens by The Bay
Gardens by The Bay adalah sebuah taman unik yang juga berada di sekitar Marina Bay Sands. Dari bangunan Marina Bay Sands terdapat jalan seperti jembatan yang menghubungkan sampai di Gardens by The Bay. Dari jalan tersebut kita sudah bisa melihat pemandangan Gardens by The Bay dari atas. Lalu dari sini ada lift turun untuk sampai ke taman. Gardens by The Bay adalah taman, dan selakyaknya taman mempunyai banyak pohon dan tumbuhan hijau. Yang membuat unik adalah di sini anda dapat menemukan pohon buatan raksasa. Setiap pohon buatan terdapat tangga yang bisa dinaiki, dan antar pohon dihubungkan dengan jembatan yang panjang. Pohon-pohon buatan ini terbuat dari baja dan berfungsi untuk menampung air hujan dan juga menampung energi matahari. Pada malam hari, lampu yang dipasang di pohon buatan akan menyala, sehingga menjadi sangat indah. Untuk berkeliling di area ini tidak dikenakan biaya, namun bila anda ingin naik dan berjalan-jalan di jembatannya, anda harus membeli tiket seharga kira-kira 50,000 Rupiah. Selain itu, di area ini juga terdapat tempat konservatori tanaman dan bunga dengan harga tiket sekitar 350,000 RupiahStasiun MRT terdekat adalah stasiun Bayfront.









7.   Orchad Road
Orchad Road adalah nama sebuah jalan di Singapura. Tempat ini merupakan tempat wisata belanja di Singapura. Di sepanjang jalan ini terdapat banyak mall-mall besar dan tersohor untuk berbelanja. Untuk berbelanja di tempat ini harus menyediakan kocek yang ga sedikit ya, karena barang-barang yang ditawarkan di dalamnya merupakan barang-barang branded. Nah, kalau kamu penyuka barang branded, ga salah nih kalau datang ketempat ini, bisa dibilang surganya barang branded. Selain barang-barang branded, yang terkenal dari tempat ini adalah es potong one dollar. Konon es ini terkenal enak sekali yang memang dengan harga 1,2 dollar singapura atau sekitar 11.000 rupiah. Stasiun MRT terdekat adalah stasiun Orchad.


8.   St. Andrew’s Cathedral
St. Andrew’s cathedral adalah gereja pertama dan terbesar di Singapura. Bangunan gereja ini adalah bangunan kuno berwarna dinding putih. Dengan bangunan kuno ini, St. Andrew’s Cathedral terlihat bersejarah dan indah. Selain itu, cathedral ini telah ditetapkan sebagai salah satu monumen nasional Singapur pada tahun 1973. Memasuki area cathedral ini gratis. Stasiun MRT terdekat adalah stasiun City Hall.




9.   Sentosa Island
Sentosa Island merupakan pulau kecil yang terpisah dari pulau kota Singapura itu sendiri. Masuk pulau ini juga gratis hanya membayar transportasi untuk kesini. Untuk bisa sampai ke pulau ini bisa dilakukan dengan berbagai transportasi seperti naik kereta gantung, MRT, bus, atau jalan kaki. Aku memilih untuk naik MRT dengan membayar sekitar 40.000 rupiah PP. Di pulau ini ada 3 stasiun MRT ang berdekatan dengan berbagai spot wisata. Sedangkan untuk naik kereta gantung tarifnya sekitar 300.000 rupiah. Setelah sampai di Pulau Sentosa ini banyak sekali tempat wisata di dalamnya antara lain Universal Studios, Replika Patung Merlion, dan Siloso Beach.

10.  Universal Studios
Universal Studios ini merupakan tempat bermain seperti Dufan di Jakarta. Dengan ikon bola dunia berwarna biru dengan tulisan Universal Studios yang mengelilinginya, tempat wisata ini terlihat sangat menarik. Untuk masuk ke Universal Studios ini cukup mahal sekitar 600.000 rupiah, malah kalau hari libur tanggal merah bisa sampai 1juta rupiah. Kalau hanya berkunjung, anda bisa berfoto-foto di depan ikon bola tersebut dan berbagai spot di sekitarnya.




11.  Replika Patung Merlion
Tidak jauh dengan Universal studios dengan berjalan kaki bisa di dapat tempat wisata replika patung Merlion. Sebenarnya tidak jauh, namun kalau capek berjalan kaki bisa naik MRT seperti yang tadi dan tidak perlu membayar lagi karena semuanya sudah include pembayaran di awal 40.000 rupiah tadi. Hanya saja patung ini tidak mengeluarkan air dari mulutnya seperti di Merlion Park. Di dekat patung ini juga ada tulisan Sentosa yang merupakan nama dari pulau ini yang bisa diabadikan untuk berfoto-foto.


12.  Siloso Beach
Tempat wisata selanjutnya di Sentosa Island adalah Siloso beach. Siloso Beach merupakan pantai pasir putih. Konon, pantai ini merupakan pantai buatan, Subhanalloh. Di sekitar pantai ini juga ada cafe yang menyuguhkan pertunjukan musik life. Aku menghabiskan waktu cukup lama hanya untuk view di pantai ini. Jam sudah menunjukkan pukul 18.30 namun hari masih saja terang benderang. Di Singapura ini berbeda dengan Indonesia, malamnya lama. Hari baru mulai gelap pukul 19.00 jam Singapura.



13. Clark Quay
Clark Quay merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Singapura. Tempat ini berada di sepanjang sungai. Nah tempat ini adalah ujung petualanganku pada hari pertama di Singapura ini. Wah lumayan juga ya satu hari aku bisa mengunjungi sebanyak 13 tempat wisata hehe. Sekalian ni kan udah malem saatnya makan malam dna pas banget nyampe di Clark Quay. Di sini pusatnya makanan, dari yang murah sampai yang mahal banget sejenis cafe-cafe gitu. Di sekitarnya ada Mall dan berbagai tempat makan yang memadati setiap pinggir sungai. Kebanyakan darinya adalah cafe-cafe tempat makan dan nongkrong. Tempat ini kalau malam sangat padat dengan pengunjung. Selain itu juga ada pertunjukan musik jalanan, atau permainan yang memacu adrenalin.




*To be continued*

7 comments:

  1. Haduuuhh jadi pengen kesana,
    Thankz Infonya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya, mampir
    http://agodasingaporehotel.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Gak sabar lagi mau ke sana, tempat nya sangat bagus.. makasis atas infonya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  4. Gak masuk ke dome nya Gardens by the bay dong ya?? itu enak banget loh apalagi yang Cloudforest nya

    by Dongengtravel

    ReplyDelete