Saturday, June 4, 2016

Tempe Tepung Enak dan Sehat

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , , , , No comments

Hobi baruku masak (haha) sebenernya lebih tepat ke kebutuhan sih. Sejak merantau, aku dituntut mulai belajar masak, yah walaupun masakanku masih acak adul dan yang pasti sederhana banget. At least, itu jauh lebih sehat dan gak berpengawet, lebih hemat juga tentunya. Dan yang terpenting asupan gizinya terjaga, tau lah kalau jajan diluar suka jarang makan sayur dan cara masaknya kita gak tau.

Aku pengen share resep andalanku masak yang so simple, tempe tepung yang enak dan sehat. Dulu kalau bikin tempe tepung suka pakai bumbu tepung serbaguna, makin kesini aku sadar harus mengurangi bumbu-bumbu siap saji seperti itu. Nah, aku mencoba goreng tempe pakai bumbu bawang putih sama garam doang, tapi taste nya beda, menurutku gak seenak tempe tepung. Jadi deh ketagihan tempe tepung pake tepung biasa seperti ini, gampang banget bikinnya.


Tempe Tepung Enak dan Sehat

Ingredients:
Tempe papan
Daun bawang
Tepung terigu
Tepung beras

Seasonings:
Bawang putih secukupnya
Garam secukupnya

How to make:
1. Iris tempe tipis-tipis sesuai selara.
2. Ulek bumbu.
3. Campur tepung terigu dan tepung beras dengan perbandingan 3:1 lalu tambahkan air secukupnya, tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental.
4. Cuci dan iris daun bawang lalu masukkan ke dalam adonan tepung bersama bumbu.
5. Masukkan irisan tempe ke dalam adonan tepung.
6. Panaskan minyak dalam wajan penggorengan, lalu goreng tempe sesuai selera kematangan.


Voila tempe tepung siap dihidangkan, lebih enak kalau dimakan panas-panas. Bisa buat cemilan dimakan bersama cabe rawit atau sambel kecap, bisa juga buat lauk makan.

0 comments:

Post a Comment