Sunday, October 2, 2016

Wisata di Semarang, Bukan Hanya Wisata Belanja!

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , , , , , , No comments

Rumahku berada tak jauh dari Semarang, sekitar 2,5 jam perjalanan ditempuh dari Magelang ke Semarang. Semarang memang dikenal sebagai kota dengan wisata belanjanya, karena banyak sekali mall-mall besar yang bertengger di sana. Namun, kali ini aku pengen seharian berwisata ke Semarang tanpa wisata belanja, yah itung-itung quality time sama keluarga gitu. Cek ya itinerary-nya, yang bikin gak mati gaya seharian berwisata di Semarang.


1. Lawang Sewu
Tempat wisata pertama yang aku kunjungi adalah Lawang Sewu. Tempat wisata ini sangat terkenal dan gampang ditemukan karena terletak di tengah Kota, tepatnya di samping Tugu Muda Semarang. Di Lawang Sewu ini kita bisa melihat sambil belajar tentang sejarah jaman dulu, karena bangunan ini adalah bangunan Belanda yang dulunya digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api.



Tarif masuk di Lawang Sewu masih ramah di kantong, hanya Rp 10.000,00 untuk umum dan Rp 5.000,00 untuk pelajar. Setelah masuk, kita bisa menikmati keagungan bangunan peninggalan Belanda yang kokoh dan megah, bisa sampai capek berkeliling di area wisata dan naik turun bangunan berlantai 2 tersebut.

Lawang Sewu identik dengan bahasa jawa. Lawang artinya pintu, dan Sewu artinya seribu. Kalau digabungkan Lawang Sewu berarti seribu pintu, maksudnya mungkin bangunan yang mempunyai seribu pintu. Namun, saya tidak menghitung juga sih ada seribu gak pintu disana, haha, mungkin hanya untuk menggambarkan bahwa bangunan Lawang Sewu ini mempunyai banyak pintu yang besar-besar di bangunannya.


Pintu di Lawang Sewu
Selain Bangunan 2 lantai yang dapat kita jajaki, ada juga loteng atau lantai di bawah atap yang bisa kita naiki. Lantai ini isinya los, di dalamnya kita bisa melihat atap bangunan Lawang Sewu, yang dari sana cahaya bisa masuk dari celah-celah atap.



Sebenernya masih ada satu tempat lagi, yaitu ruangan bawah tanah. Katanya di sana tempat dimana kereta bawah tanah berada. Namun, saat kami kesana, ruang bawah tanah sedang ditutup dalam tahap perbaikan.



2. Pantai Marina
Di Semarang tapi pengen ke pantai? Bisa. Inilah pertama kalinya aku menjejakkan kaki di pantai yang ada di Semarang. Pantai Marina merupakan pantai yang cukup terkenal di Semarang. Pantai ini cocok didatangi untuk piknik bersama keluarga, atau rame-rame bersama sahabat. Kayak apa sih pantainya? Tak dapat dipungkiri, memang pantai di Semarang ini tidaklah seindah pantai-pantai yang biasa kita jumpai di Jogjakarta misalnya, namun cukuplah untuk menikmati suasana air laut.


Pantai Marina terletak tak jauh dari Kota Semarang, ditempuh sekitar 20 menit. Pantai ini berada di Jalan Yos Sudarso (sebagai catatan, gampang sekali menemukan lokasi pantai ini, sepertiku yang menggunakan bantuan GPS). Berada sebelah timur PRPP (Perumahan Royal Family), dan sebagai penanda masuk ada patung burung elang besar di tengah bundaran. Masuk ke kawasan pantai ini gratis alias tidak dipungut biaya.


Suasana di Pantai Marina ini panas dan berada disamping perumahan persis. Tidak ada deburan ombak di pantai ini, dan hampir kita tidak bisa bermain pasir selayaknya kita sedang berada di pantai karena terdapat tanggul air di pinggir pantai. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk menikmati pantai ini adalah dengan duduk-duduk di bawah pohon di pinggir pantai sambil bersantap ria. Iya, di sepanjang pinggir pantai banyak orang-orang berjualan menjajakkan dagangannya seperti bakso, sate, siomay, es kelapa muda, sampai es krim. Selanjutnya, aku banyak melihat banyak orang sedang memancing di bibir pantai, gak tau deh apakah emang di sini banyak ikannya atau tidak.

Aktifitas lainnya yang bisa dilakukan di Pantai Marina adalah berkeliling pantai dengan menggunakan kapal. Kapal ini muat banyak orang, jadi nunggu penuh dulu ya supaya kita bisa melihat keindahan sekeliling Pantai Marina. Hanya bertarif Rp 5.000,00/orang kita sudah diajak putar-putar di Pantai, lumayan asik!



3. Pemandian Umbul Sidomukti
Lelah berwisata di Kota Semarang, hari sudah hampir sore. Saatnya pulang ke Magelang, eits tapi bolehlah mampir di satu tempat wisata lagi yang searah jalan pulang, Pemandian Umbul Sidomukti yang berlokasi di atas Ungaran.


Lokasi Pemandian Umbul Sidomukti ini berada di Desa Sidomukti, Kelurahan Bandungan, Kabupaten Semarang. Letak objek wisata ini berada di pegunungan, oleh karenanya jalanan menuju lokasi pemandian ini sangat naik terjan melewati jalanan desa yang terkadang melewati jalan gang yang kecil. Terbukti lokasi pemandian ini memang berada di lereng gunung Ungaran sekitar 1200dpl dan diapit oleh 2 buah jurang. Jadi bisa dibayangkan dong ya betapa asik dan indah pemandangan dari atas sana melihat ke Kota Semarang yang berada di bawah. Sangat terbayar dengan jalan yang lumayan curam dilewati.


Untuk tarif di objek wisata Umbul Sidomukti jangan khawatir, sangat terangkau. Untuk hari biasa tiket masuknya Rp 5.000,00 dan untuk weekend dan hari libur Rp 10.000,00. Umbul Sidomukti ini lebih familiar dengan pemandiannya, yang terbagi ke dalam 4 tingkatan kolam yang bisa dipilih sesuai kedalamannya. Air di kolamnya sangat jernih dan segar, merupakan dari mata air asli pegunungan. Walaupun familiar dengan pemandiannya, di tempat ini bukan hanya aktifitas berenang yang bisa kita lakukan. Banyak sekali kegiatan yang ditawarkan di objek wisata Umbul Sidomukti ini, seperti outbond, flying fox, rapeling, marina bridge, naik ATV, ataupun berkuda dengan tarif Rp 50.000,00/ 30 menit. 

Sayangnya, aku sampai di tempat ini sudah kesorean, sekitar pukul 16.00 WIB, jadi hanya bisa berenang di kolam saja. Untuk kegiatan outbond lain sudah ditutup untuk alasan keselamatan karena sudah sore, dan apalagi saat aku kesana cuaca agak kurang mendukung. Oya, jangan takut lapar di sini, ada foodcourt yang bagus untuk tempat makan, atau penjual makanan yang berada di sepanjang jalan masuk tempat wisata.


4. Wisata oleh-oleh
Berbonus wisata belanja di Semarang nih, cuma jalan-jalanku kali ini sama sekali gak beli oleh-oleh soalnya udah pergi sama keluarga. Oleh-oleh khas semarang banyak berjejer di Jalan Pemuda Kota Semarang, lokasinya dekat dengan Tugu Muda Semarang. Banyak berbagai oleh-oleh yang dijakakkan di sana, tinggal pilih masuk toko dan borong deh oleh-olehnya, seperti bandeng presto, lumpia, moci, tahu bakso, dll. Selamat berwisata ya!

0 comments:

Post a Comment