Wednesday, November 5, 2014

Petugas Piket Diklat Pembentukan Auditor Ahli/Jabatan Fungsional Auditor (JFA) BPKP

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , , 1 comment


Selamat pagi, selamat bekerja guys..

Di kantor bingung mau ngapain belum ada banyak kerjaan, nah aku mau share ni tentang pengalaman dalam dunia kerjaku. Pekerjaanku di sini memang jadi auditor, dan sebagai auditor itu mempunyai prinsip palu gada kalau kata ibu sestama, artinya apa yang lu minta gua ada, hahaha. Yang kurang lebih jadi auditor itu harus bisa mengerti dan melalukan segala macam pekerjaan. Misal setiap ada penugasan baru ya mau ga mau kita harus belajar dan belajar lagi menguasai materi tentang penugasan yang dimaksud.



Nah, bulan September kemaren aku berkesempatan mendapatkan pengalaman baru, yaitu jadi petugas piket Diklat Pembentukan Auditor Ahli gelombang 3, secara aku sudah mengikuti diklat tersebut pada gelombang 2. Seharusnya segala macam pengadaan diklat sudah diurus dari Pusdiklatwas BPKP yang berlokasi di Bogor. Tapi entah kenapa khusus diklat gelombang 3 ini mereka meminta bantuan dari BPKP Pusat sebanyak 3 orang tambahan.



Selama 19 hari mendapatkan penugasan sebagai petugas piket diklat ini tidak begitu sulit. Selain karena tugas-tugasnya lumayan simple, aku juga sudah pernah mengikuti beberapa diklat dan sudah familiar melihat keseharian tugas piket yang mendampingi di setiap kelas. Mungkin hanya membutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Dan menurutku, tidak ada kesulitan yang berarti, hanya saja mungkin terlalu sibuk di awal yaitu di hari pertama diklat karena banyak berkas yang harus di urus. Setelah itu ritme pekerjaan akan berjalan dengan sendirinya. Selain itu, petugas piket senior juga sangat begitu baik dan sabar membimbing bahkan membantu pekerjaanku sehingga pekerjaan terasa ringan. Dan tentunya kemudahan ini berasal dari para LO (Liaison Officer) yang sangat baik dalam membimbing dan mengarahkan.

Tugas petugas piket Diklat Jabatan Fungsional Auditor BPKP adalah sebagai berikut:
  • Dalam pembukaan diklat menyiapkan presensi peserta dan membagikan nametag peserta.
  • Menyiapkan kelas, memantau bahwa kelas sudah dalam kondisi siap untuk proses pembelajaran.
  • Membagikan tas, modul, dan ATK kepada peserta diklat.
  • Mengumpulkan biodata peserta diklat dengan melampirkan foto, fc SK CPNS, ST diklat, dan fc Ijazah terakhir.
  • Menyiapkan sarana penunjang diklat seperti LCD dan layar, mic, spidol, kertas flowcart dan hal lain yang diperlukan.
  • Memberikan presensi untuk peserta diklat setiap harinya di pagi, siang, dan sore hari. (tanda tangan oleh widyaiswara dan ketua kelas)
  • Memberikan lembar penilaian peserta diklat kepada widyaiswara. (tanda tangan oleh widyaiswara)
  • Memberikan lembar evaluasi widyaiswara terhadap jalannya penyelenggaraan diklat. (tanda tangan oleh widyaiswara dan ketua kelas)
  • Memberikan lembar evaluasi peserta diklat tentang widyaiswara dan materi diklat setiap pergantian materi diklat atau pergantian widyaiswara.
  • Merotasi tempat duduk dengan memindahkan name table.
  • Menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh widyaiswara.

Itulah sedikit pengalaman yang bisa aku bagikan, pekerjaan yang tidak sulit namun cukup melelahkan. Aku senang mendapatkan pengalaman baru tersebut, tapi agak canggung juga karena menjaga kelas yang pesertanya adalah teman-teman seangkatan sendiri, fufuuuu. *_*

1 comment: