Wednesday, November 12, 2014

Pantai Matras Dengan Bendungan Air Tawar-nya, Unik!

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , , , , No comments

Cerita selanjutnya berasal dari pantai yang tak kalah cantik, yaitu Pantai Matras. Tak jauh dari Pantai Rambak, sekitar ditempuh dalam 15 menit perjalanan ke utara, kami sampai di pantai ini. Sesuai dengan namanya, Pantai Matras terletak di desa Matras, Kecamatan Sungaliat, provinsi Bangka.

Di Pantai Matras ini lingkungannya bisa dibilang asri dan sejuk. Di dekat pinggir pantai ada banyak pepohonan yang menghiasi sepanjang jalanan aspal di pinggir pantai, bisa disebut menyerupai taman. Kita bisa duduk-duduk sambil melepas lelah disitu. Lalu di pinggir pantainya juga banyak pohon kelapa yang tumbuh tinggi, yang membuat kesan asri menghijau di pantai ini.

Pantai Matras cukup panjang membujur, kita bisa menikmati berjalan-jalan di pantai dari ujung ke ujung sekitar 2km. Pasir pantainya berwarna putih dan teksturnya sangat halus, yang ketika kita menginjakkan kaki di atasnya, pasir seakan memudar. Di pantai ini tidak banyak bebatuan, agak berbeda dengan Pantai Rambak. Namun, di ujung sebelah kanan (bagian selatan) pantai ini kalau dilihat akan bertitik pada belokan yang penuh dengan bebatuan yang menjorok ke laut. Berbeda dengan ujung sebelah kiri (bagian utara) yang masih merupakan pantai yang seakan tak berujung.



Pantai Matras ini cukup landai dan suasana pantainya sepi. Hening yang terpecah dengan deburan ombak pantai hanya bisa kita nikmati di pantai ini. Di pinggir pantai juga dipenuhi dengan tanggul yang terdiri dari banyak karung pasir. Tidak tahu untuk apa karung-karung pasir yang tertata itu, yang mungkin untuk mencegah air naik ketika air sedang pasang. Kita bisa juga hanya sekedar melihat keindahan pantai dari atas tanggul. Namun, ombak di pantai ini relatif tidak besar, cocok juga untuk bermain air.



Uniknya, pantai ini juga terdapat air tawar. Nah bingung kan, di pantai kok ada air tawarnya juga? Akupun sempat bertanya-tanya, kenapa bisa seperti itu, dimana letak air tawarnya? Dan ternyata setelah melihat sendiri ke sana, ternyata di pinggir pantai tersebut terdapat bendungan air tawar yang berukuran tidak terlalu besar, nah itulah tempat dimana air tawar itu ada. Bendungan ini bisa digunakan pengunjung untuk berbilas setelah bermain air di pantai. Namun, sewaktu aku kesana, air tawar itu sedang kering.

Untuk akses ke Pantai Matras ini sudah gampang, jalanan sudah bagus. Untuk harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, hanya Rp 3.000,- per orang. Namun, pantai ini sepertinya masih kurang di kelola, terbukti belum banyak penjual makanan ataupun souvenir. Penjual makanan yang ada hanya penjual kaki lima. Akan tetapi, di sana sedang ada pembangunan, mungkinkah sedang akan dibangun resort pengelola pantai? Kita buktikan nanti, hehehe.


O ya, bagi yang ingin berkunjung bisa share pengalamanan atau hanya berkomentar. Keep travelling..

0 comments:

Post a Comment