Monday, January 13, 2014

Serunya Wisata Adventure Lava Tour Merapi Kaliadem Yogyakarta

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , , , , 8 comments

Hi Januari 2014, bulannya berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman semua, pacar? Ah lupakan :p

 
Tulisan pertamaku di bulan pertama tahun baru ini harus yang bahagia-bahagia dong ya, sedih-sedihannya ntar, eh kok ada sedih-sedihan segala? Iya, hidup itu maunya seneng terus, tapi tetep adakalanya sedih juga, nah itu baru namanya hidup, ceileh.
 
Oke, hari minggu lalu 12 Januari 2014, aku dan teman-temanku sepakat untuk melakukan petualangan di merapi, duh kok petualangan ya jalan-jalan aja sih. Setelah erupsi tahun 2010 merapi bermetamorfosis menjadi tempat pariwisata. Dulu dekat-dekat waktu setelah erupsi aku pernah mengunjungi tempat itu namun sebatas mengenang dampak erupsi yaitu tempat-tempat yang terkena erupsi lahar merapi seperti bangunan masjid yang sudah tak bersisa, rumah alm mbah Maridjan yang terkenal sebagai juru kunci merapi, dan benda-benda yang masih tersisa setelah terkena lahar (ada mobil yang tinggal kerangka dan ban doang, motor yang sudah menyatu dengan tanah, dsb). Nah beberapa bulan setelah itu, ada sebuah komunitas yang jeli memanfaatkan sumber daya alam disana sebagai tempat pariwisata dalam bentuk lain, dan terbukti laris lo. Tempat wisata yang dimaksud adalah yang kemaren aku kunjungi, Lava Tour Merapi Kaliadem, yang terletak di Cangkringan Sleman Yogyakarta.
 
Petualangan kami dimulai dari habis waktu dhuhur sekitar jam 12.30 WIB karna ada personil yang ada urusan di pagi hari. Hari yang mendung tak menyurutkan niat kami untuk sekedar berkumpul dan jalan-jalan bersama. Lah tapi mendekati pukul 12.00 kok malah gerimis aja, gimana dong ntar disana masak hujan mau ngapain? Tanya salah satu temanku yang juga sempat membuatku galau, masak iya disana mau diem aja memandangi hujan (wah syahdu dong jadi tambah galau aja :p) aku pun jadi bingung mau berangkat atau tidak, namun salah satu temanku yang lain meyakinkan untuk tetap berangkat, so let’s go adventure will begin at this time, yeayy!
 
Karna terlalu sibuk memikirkan jadi pergi atau tidak, akhirnya kami berempat memulai perjalanan pukul 13.30. Sepanjang jalan gerimis hampir hujan lebat tapi kami pun tetap riang, yang penting kebersamaan. Sembari komat kamit berdoa agar bolehlah disini sepanjang jalan hujan tapi yang jelas merapi ga boleh hujan, haha, doa yang maksa. Sekitar 2 jam perjalanan, berbekal arahan jalan (setelah sempat beberapa kali nyasar) finally we have arrived at Lava Tour Merapi Kaliadem, xoxo. Kabut tebal menyelimuti kawasan merapi dan sekitar, jarak pandang hanya beberapa meter, musti hati-hati ni dalam berkendara, sampai-sampai kita gabisa melihat keindahan gunung merapi itu sendiri karna tertutup kabut tebal.
 
Ini dia jalan sekitar mau sampai Lava Tour yang di selimuti kabut tebal, harusnya di ujung udah pemandangan gunung merapi, tapi karna kabut begitu tebal, jadi ga keliatan deh :(


Oh ya, sebelum sampai ditempat tour, di jalan kita dihadang loket tiket masuk dulu ni, harga tiket perorang Rp 3.000,- ditambah dengan tarif parkir yang kebetulan kami bawa mobil Rp 5.000,- jadi total unttuk kami berempat Rp 17.000,- ya masih murah banget untuk tiket masuknya, tapi tunggu dulu baca sampai selesai ya perjalanan kami, hehe.
 
Fiuh fiuh sampai di tempat tour pukul 15.30 wah mendung-mendung dan sore tapi tetep masih rame, karna weekend kali ya. Setelah bersih-bersih dan menenangkan diri karna perjalanan terjal dan berkelok, kami pun langsung tanya-tanya tentang wisata disana. Semula memang tujuan kami kesini mau mencoba offroad merapi, di sini tersedia pilihan transporatsi memakai hartop jeep dan motor trail. Untuk motor trail dibandrol dengan tarif Rp 50.000,-/motor, tapi karna kita bareng-bareng dan memang sudah semula dari rumah kita mengkhayal naik hartop jeep willy, so cus deh kita tanya-tanya lebih lanjut karna ternyata banyak pilihan paket trip. Didapat informasi tentang harga paket wisata Lava Tour Merapi Kaliadem dengan kurang lebih rute yang dilewati seperti berikut:
  • Short Trip (1-1,5 jam) : Rp 250.000,- dengan rute kali opak – museum sisa hartaku – bunker merapi - batu alian/batu wajah - kaliadem
  • Medium Trip (2-2,5jam) = Rp 350.000,- dengan rute kali opak – museum sisa hartaku – bunker merapi - batu alian/batu wajah – kaliadem - makam alm mbah maridjan
  • Long Trip (3-3,5 jam) = Rp 450.000,- dengan rute kali opak – museum sisa hartaku – bunker - batu alian/batu wajah – kaliadem - makam alm mbah maridjan – rumah alm mbah maridjan

Sebenarnya masih ada berbagai paket tour lagi seperti paket tour sunrise yang dimulai pukul 04.00 WIB pagi-pagi buta. Dengan paket tour ini pengunjung dapat menikmati keindahan terbitnya matahari (sunrise) yang begitu indah dari ketinggian kawasan merapi, tapi agak lupa dengan range harga dan rute yang diberikan, maap yak.
 
Oke lanjut mengenai 3 paket trip yang sudah aku tuliskan di atas, yang membedakan ketiga trip tersebut selain waktu perjalanan juga tempat yang dikunjungi, semakin mahal semakin banyak tempat yang dikunjungi. Harga tersebut udah pas, nett, alias ga bisa nego sedikitpun, nawar dapat snack dan makan sore aja ga dapet, ahahaha, dasar songong ni mas fany :D. Harga udah include tiket masuk ke beberapa tempat wisata yang disediakan. Memang keliatan mahal, tapi untuk kepuasan dan kegokilan yang diperoleh sepanjang perjalanan yang sangat sangat memacu adrenalin, it’s a proper cost, you must try it guys, seriously!
 
Tararaaaaa, so ini kenarsisan kita disepanjang perjalanan yang sempat kita abadikan, emang dasarnya narsis sih mau ngeles gimana aja tetap narsis. Wah sayangnya penulis waktu mau berangkat malah mendapat insiden kecil ada semut nakal yang gigit disekitar mata. Alhasil mata jadi agak bengkak kayak habis ditonjok gitu deh, jadi musti make sunglasses terus ni biar tetep kece badai ahahahaha..
 
Oke, ini hartop jeep willy kebanggaan kita, yang akan mengantarkan kita pada petualangan yang sesungguhnya, haha, keren kan berasa kayak di luar negeri deh ini jadinya pake stir kiri :p:p:p



Moment yang sempat kami abadikan sewaktu di perjalanan dekat kali opak, duh kayak bawa panci itu di kepala!!! Di sepanjang jalan kali opak ini banyak truk-truk penambang pasir, dan tak henti-hentinya kami berjerit-jerit histeris karna driver yang usil sering mengagetkan dengan ngebut dan belok dengan tiba-tiba. Atau hanya sengaja lewat jalan yang terjal dan jelek padahal jalan yang bagus juga ada ahahahah namanya juga offroad masak mau lewat aspal halus. Dan parahnya tau ada genangan air juga ditrabas dengan ngebut alhasil air nyembur naik semua mengguyur badan, badan jadi penuh air comberan -___-




Ada juga video amatir kegokilan yang sempat kami ambil sewaktu di perjalanan, video yang sangat amat minimalis, cuma durasi pendek karna ga sempet ngambil lagi, buat seru-seruan aja feel free to laugh!

  
Oke next ini dia museum mini sisa hartaku. Di dalam museum ini ada sisa benda-benda yang terkena erusi lahar merapi contohnya di depan museum ada motor tua yang rusak karna terkena lahar




Lalu ada berbagai perabotan yang terkena lahar dan karna panasnya sampai menyatu satu dengan yang lainnya, contohnya ini sendok dan alasnya


Lalu ada juga kerangka hewan.




Oke setelah berkeliling-keliling di museum mini, next destination kita ke bunker. Konon bunker ini kayak terowongan untuk tempat berlindung penduduk kalau ada letusan. Namun, berita terakhir sewaktu erupsi merapi kemaren, ada 2 orang yang berniat menyelamatkan diri lalu masuk ke bunker, karna merapi meletus membawa lahar yang panas akhirnya 2 orang itu meninggal di dalam bunker karna kepanasan, innalillahi.
 
Ini dia foto kami di depan bunker, kami bertiga dengan satu peliharaan :p:p:p



Setelah dari bunker, perjalanan berkelok kami lanjutkan ke batu alian atau batu wajah. Yang di maksud adalah sesuai namanya, ada batu besar yang bentuknya menyerupai wajah manusia subhanalloh, ini dia:



Oke well, setelah dari tempat ini tak terasa perjalanan 1,5 jam pun telah berakhir, kami harus kembali ke tempat pemberangkatan semula, tapi masih dengan jeep kebanggaan dan jalan yang terjal, woooow sangat memacu adrenalin, oke we’d go!!!!!! 




Akhirnya perjalanan pun selesai, kami tiba di tempat pemberangkatan semula sekitar jam 17.30. Rasa ketakutan karna deg-degan masih terasa, dingin karna cuaca yang kurang mendukung wah perlu yang hangat-hangat nih, lalu kami putuskan untuk mencari makan dan minum di daerah sekitar. Banyak sekali warung –warung di sepanjang jalan dengan harga makanan yang masih bersahabat jadi jangan takut kemahalan, seperti untuk harga teh anget 2.500 dan pop mie instan 6.000.


Setelah kenyang dan merasa hangat, kami pun melaju turun untuk melanjutkan perjalanan dan kebersamaan kami. Next destination is Jogja, aaaaa, mau ngapain sih ke jogja? Mau makan cin masih lapaaaaaar karna ternyata pop mie instan se cup tidak cukup mengganjal perut kami, oke Jogja i’m comming, see you later reader. :-)

8 comments:

  1. Nice trip kak...
    Lava tour merapi memang mantap
    Salam wisata Jogja

    ReplyDelete
  2. mantabbbbbbbbb.
    jika mau liburan lagi ke jogja bisa kami bantu.
    VICTOR WISATA melayani :
    - Rental Mobil/ELF/HIACE
    - Paket Wisata
    - Jasa Tour Guide/Tour Leader
    - Hotel/Homestay
    - Jeep Lava Tour Merapi

    Informasi Hubungi Kami Call Me 081915537711. PIN BBM : 51843E1D

    ReplyDelete
  3. wisata wajib kalau mengunjungi Jogjakarta, walaupun agak mengerikan mengunjungi museum "sisa hartaku", mengingatkan kita akan keagungan Tuhan pencipta alam semesta
    dibalik bencana terdapat manfaat yang luar biasa

    ReplyDelete
  4. Yuk Kak Kunjungi Wisata Jeep Merapi Yogyakarta Dalam Liburan Anda. Wisata Naik Jeep Mengelilingi Kawasan Erupsi Gunung Merapi tahun 2010 Dimana Anda Akan Diajak Mengunjungi Batu Alien, Museum Sisa Hartaku, Bungker Dan Bekas Rumah Mbah Maridjan.

    Kami WISATA JEEP MERAPI Melayani :
    WISATA JEEP RUTE PENDEK
    WISATA JEEP RUTE MEDIUM
    WISATA JEEP RUTE LONG
    WISATA JEEP PAKET SUNRISE

    Reservasi WISATA JEEP MERAPI :
    Telepon/SMS/Whatssap : 081915537711 (XL)
    Telepon/SMS : 082137676966 (TELKOMSEL)
    PIN BBM : D283472C – 51843E1D
    Wisata Jeep Merapi tariff Mulai Rp. 350.000/jeep (Fasilitas : Jeep+BBM+Driver, Asuransi, Tiket Masuk Objek Wisata, Masker, Dibantu Dokumentasi)

    Basecamp : Jl. Bebeng Kaliadem, Krangkah, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

    ReplyDelete