Tuesday, October 4, 2016

Tukik-Tukik Lucu di Pantai Tongaci

BY retnobanarti.blogspot.com IN , , 1 comment

Mau liat tukik-tukik lucu? Gak perlu jauh-jauh. Di Kabupaten Bangka, tepatnya di Kota Sungailiat sudah ada penangkaran tukik loh. Mau liat seperti apa? Yuk cek!

Ceritaku ini gak usah panjang-panjang, mau dibanyakin foto juga udah gak ada (iphone rusak T.T) jadi pake foto seadanya dan cerita seingetku aja ya. Selain, aku sudah lama mengunjungi tempat ini sekitar akhir tahun lalu.

Pantai Tongaci namanya, dimana ada penangkaran penyu/ tukik. Letaknya tak jauh dari pusat Kota Sungailiat yang ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Pangkalpinang. Lokasinya sangat mudah ditemukan, berada searah dan dekat dengan Hotel Novila, sekitar 1km dari Hotel Novila.


Penangkaran yang berada di pinggir pantai persis ini sangat mempesona. Sewaktu aku kesana, siang-siang suasana panas sekali, namun pas banget air lautnya bener-bener biru jernih mempesona, wah! Gak salah deh mengunjungi tempat ini, karena aku suka dan pengen melihat tukik-tukik lucu di sana. Sebenernya aku ke tempat ini secara gak sengaja aja, karena lagi nginep di Hotel Novila, waktu tau tempat penangkaran ini dekat sekali dengan hotel ya kenapa enggak kan, hehe.


Masuk ke tempat ini gratis (dulu sih, sekarang gak tau). Banyak sekali tukik-tukik yang dirawat di sini. Terbagi menjadi beberapa tempat penangkaran, penangkaran yang dibuat di kolam dan penangkaran di bibir pantai persis atau disebut tambak terapung yang menggunakan jaring dibawahnya. Untuk tukik yang masih kecil ditempatkan di kolam, dan mungkin setelah dewasa barulah ditempatkan di penangkaran yang lebih besar di bibir pantai. Namun ada beberapa tukik yang sangat jumbo juga yang ditaruh di kolam bersama tukik-tukik kecil. Di sini kita juga bisa melihat proses konservasi penyu dari mulai telur penyu sampai penyu dewasa siap dilepas di lautan. Duh, jadi pengen bawa pulang, tapi gak boleh penyu hewan yang dilindungi T.T

1 comment: